Rabu, 29 Maret 2017

Pengertian SOP(Standar Operation Procedure)







Pengertian SOP(Standar Operation Procedure)

         SOP, adalah satu set instruksi langkah-demi-langkah yang disusun oleh sebuah organisasi untuk membantu pekerja melaksanakan operasi rutin. SOP bertujuan untuk mencapai efisiensi, kualitas output dan keseragaman kinerja, sekaligus mengurangi miskomunikasi dan kegagalan untuk mematuhi peraturan industri.

Penelitian klinis dan praktek

          Dalam penelitian klinis, Dewan Internasional untuk Harmonisasi (ICH) mendefinisikan SOP sebagai "rinci, instruksi tertulis untuk mencapai keseragaman kinerja fungsi tertentu". SOP mendapatkan biasanya diterapkan dalam pengolahan farmasi dan untuk studi klinis terkait. Ada fokus selalu diatur pada aplikasi berulang dari proses berubah dan prosedur dan dokumentasi, maka mendukung pemisahan asal, sebab dan akibat. aplikasi lebih lanjut adalah dengan triase, ketika sumber daya terbatas terbiasa menurut penilaian pada peringkat, urgence dan staf kemungkinan. [1] Direktur studi terutama bertanggung jawab untuk SOP. Unit Jaminan Mutu adalah individu yang bertanggung jawab untuk memantau apakah laporan studi dan tes bertemu SOP. SOP juga dapat memberikan karyawan dengan mengacu praktek umum bisnis, kegiatan, atau tugas. karyawan baru menggunakan SOP untuk menjawab pertanyaan tanpa harus mengganggu supervisor untuk bertanya bagaimana operasi dilakukan. Internasional standar mutu ISO 9001 pada dasarnya membutuhkan penentuan proses (didokumentasikan sebagai prosedur operasi standar) yang digunakan dalam proses manufaktur yang dapat mempengaruhi kualitas produk. 

Kesehatan dan keselamatan

           Kesehatan dan safetyProcedures secara luas digunakan untuk membantu dengan bekerja dengan aman. Mereka kadang-kadang disebut aman metode kerja laporan (SWMS). Mereka biasanya didahului dengan berbagai metode analisis tugas atau pekerjaan yang akan dilakukan di tempat kerja, termasuk analisis keselamatan kerja pendekatan yang disebut, di mana bahaya diidentifikasi dan metode pengendalian mereka dijelaskan. Prosedur harus disesuaikan dengan tingkat melek huruf pengguna, dan sebagai bagian dari ini, pembacaan prosedur penting  


Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Standard_operating_procedure 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar