Jumat, 31 Maret 2017

Konsep Antena Jaringan

A.Pendahuluan
Antena adalah alat untuk mengirim dan menerima gelombang elektromagnetik, bergantung kepada pemakaian dan penggunaan frekuensinya, antena bisa berwujud berbagai bentuk, mulai dari seutas kabel, dipole, ataupun yagi, dsb.
 
B.Latar Belakang
Kurangnya pemahaman tentang antena maka saya mempelajarinya dengan juga konsep konsepnya

C.Maksud Dan Tujuan
Mengerti manfaat antena dan kegunaan antena sesuai dengan kkebuuhannya


D.Macam -Macam Antena Jaringan
1.Omni Directional
Antena omnidirectional yaitu jenis antena yang memiliki pola pancaran sinyal ke segala arah dengan daya sama. Untuk menghasilkan cakupan area yang luas, gain dari antena omnidirectional harus memfokuskan dayanya secara horizontal (mendatar,dengan mengabaikan pola pemancaran ke atas dan ke bawah,sehingga antean dapat di letakan di tengah-tengah base station.
2.Antena Flat Planel
Flat Panel Antena adalah antenna penguat sinya dalm ruangan yang sangat berguna bagi pemakainya, bekerja pada frequensi (800 - 960 MHz) & (1710 - 2500 MHz) karena dengan desain yang elit, flat panel ini dapat menaikkan penangkapan sinyal yang ada sampai 4 - 7 dB sehingga radius sinyal yang dipancar bisa naik hingga 40 % dari radius indoor (dalam ruangan) antena standar. Jadi penggunan antena ini dan cukup digunakan untuk Indoor saja.

3.Grid Antenna adalah antenna outdoor yang biasanya dipasang pada hotspot untuk jarak tembak sinyal yang cukup jauh sekitar 15 km. kekuatan sinyal grid antenna ini bisa dibanggakan karena memiliki jankauan sinyal sekitar 15 - 45 km asalkan pada posisi Loss (tidak ada hambatan)

4.Sectoral Antenna yang mempunyai gain jauh lebih tinggi dibanding omnidirectionalantenna di sekitar 10 - 19 dBi. Yang bekerja pada jarak atau area 6 - 8 km. Sudut pancaran antanna ini adalah 45 - 180 derajat dan tingkat ketinggian pemasangannya harus diperhatikan agar tidak terdapat kerugian dalam penangkapan sinyal. secara umum radius antenna lebih banyakk ke mua antenna, tidak banyak radiasi di belakang antenna sectoral. radius potongan vertikal tidak berbeda jauh dengan antena omni

Sekian dari saya apabila salah kata saya mohon maaf

E.Kesimpulan
Dapat mengeahui konsep konsep antena 

F.Referensi
http://mramadha25.blogspot.co.id/2013/01/praktek-industri-bulan-1.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar