Sabtu, 25 Februari 2017

Install Debian Di Proxmox

Assalamualaikum wr.wb

A. PENGERTIAN DEBIAN  
      Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasDebian (/iconˈdɛbiən/) adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan

B. Latar Belakang
Karena saya ingin belajar tentang server debian dan ingin mengetahui lebih dalam tentang server


C.Maksud Dan Tujuan

Mengetahui lebih jauh tentang Debian kemudian mencoba mengkonfigurasi debian tersebut hingga dapat digunakan menjadi sesuai yang diharapkan

D.Alat Dan Bahan
1. PC / Laptop
2. Koneksi Kabel / Wifi ke Mikrotik
3.Server sudah memiliki file Debian


E.Tahap Pelaksanaan
1.Login dulu di proxmox/remote proxmox dari laptop kita
2.Setelah login kita klik create vlan
3.setelah itu pada tab general isi nama dan id vlan yang sudah ditentukan

 4.kemudian next ke tab OS pilih linux 4.x/3.x/2.6 kernel

5.Lalu masuk tab cd/dvd kemudian pada iso storage pilihh iso debian yang sebelumnya sudah saya upload


 6.Next,Masuk ke tab harddisk,bus device pilih sata karena saya menggunkana sata.Lalu 81 gb itu pembagian isi dari hardisk disini saya menggunakan 500gb saya bagi ber4 untuk teman saya jadi 1 orang mendapat bagian sebesar itu


7.Next,dan kemudian masuk tab cpu
8.Next,Lalu masuk tab memory saya menggunkan 1024 karena saya menggunkan 4gb Ram
9.Lalu masuk tab Network
10.Setelah itu next dan pada saat di tab confirm pilih next dan kita akan memulai debiannya langsung saja start dan bila statusnya dibawah sudah OK langsung pilih console

11.pilih install 
12.kita pilih bahasa yang digunakan
13.lalu pilih lokasi kita berada,ssaya memilih indonesia
14.lalu pilih keyboard yang akan digunakan,saya menggunkan inggris-amerika
15.Lalu continue
16.lalu pada jaringan,saya pilih jangan mengatur jaringan saat ini
17.Pada Tab ini beri nama host
18.lalu beri kata sandi
19.lalu masukan ulang katasandi
20.lalu kita buat nama pengguna baru,kemudian continue dan masukan password baru dan masukan passwordnya lagi

21.selanjtnya kita mengatur waktu,lalu enter

22.lalu pada partisi hardisk saya menggunakan terpadu menggunkan seluruh hardisk,lalu enter

23.lalu pilh hardisk yang akan dipartisi

24. lalu pilih yang atas yaitu semua berkas disatu partisi
25.kemudian pilih selesai mempartisi ddan tulis perubahan perubahan di hardisk lalu enter kemudian pilih ya..
26.kemudian tunggu prosesnya
27.pada saat pemindaian cd pilih tidak ,boleh ya jika anda memiliki paket instaler yang ada di dalam cd
28.pada saat membuat jaringan mirror pilih tidak
29.kemudian pilih tidak,dalam berpartisipasi dalam survey debian

30.Lalu pilih perangkat yang akan diinstal
31.kemudian tunggu proses loadingnya

32.pada pemasangan bootloader pilih ya

33.lalu pilih tempat dimana bootloader akan ditempatkan 
34.akan ada tulisan instalasi selesai berarti proses instalasi sudah selesai pilih lanjutkan
35.kita lihat grub nya
F.Referensi
Buku Konfigurasi Debian Versi BLC Telkom

G.Kesimpulan
Akhirnya kita selesai menginstal di proxmox dan melanjutkan konfigurasinya

sekian dan terimakasih
wassalamualaikum wr.wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar