Kamis, 16 Februari 2017

Tutorial vpn pada mikrotik

A.Pendahuluan


     VPN(Virtual Private Network) adalah sebuah jaringan komputer dimana koneksi antar perangkatnya (node) memanfaatkan jaringan public sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet di masing-masing site.
Ketika mengimplementasikan VPN, interkoneksi antar node akan memiliki jalur virtual khusus di atas jaringan public yang sifatnya independen. Metode ini biasanya digunakan untuk membuat komunikasi yang bersifat secure, seperti system ticketing online dengan database server terpusat.
Point to Point Tunnel Protocol (PPTP)
Salah satu service yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan VPN adalah Point to Point Tunnel Protocol (PPTP). Sebuah koneksi PPTP terdiri dari Server dan Client.
        Mikrotik RouterOS bisa difungsikan baik sebagai server maupun client atau bahkan diaktifkan keduanya bersama dalam satu mesin yang sama. Feature ini sudah termasuk dalam package PPP sehingga anda perlu cek di menu system package apakah paket tersebut sudah ada di router atau belum. Fungsi PPTP Client juga sudah ada di hampir semua OS, sehingga kita bisa menggunakan Laptop/PC sebagai PPTP Client.
Biasanya PPTP ini digunakan untuk jaringan yang sudah melewati multihop router (Routed Network). Jika anda ingin menggunakan PPTP pastikan di Router anda tidak ada rule yang melakukan blocking terhadap protocol TCP 1723 dan IP Protocol 47/GRE karena service PPTP menggunakan protocol tersebut.

B.Latar belakang
Untuk mempermudah mengelola jaringan dengan skala yang lebih luas tersebut maka jaringan (network) itu harus dipisahkan menjadi beberapa jaringan kecil. Mengatur beberapa jaringan kecil yang penghuninya hanya puluhan host tentu akan lebih mudah dari pada mengatur sebuah jaringan besar yang berisi ratusan bahkan ratusan/ribuan host. Dalam proposal ini, Teknik memisahkan jaringan ini dapat diimplementasikan untuk jaringan local antar kota atau dengan kata lain jaringan Metro Lan antar gedung, penerapan metrolan bersamaan dengan penerapan protokol Virtual Private Network (VPN).
C.Tujuan
Untuk Berbagi ilmu tentang konfigurasi vpn
D.Alat dan bahan
1.Koneksi Internet
2.Pc Server
3.Mikrotik Rb951
4.Winbox
5.Laptop
E.Langkah Langkah
1.Pertama masuk pada winbox
2.masuk Tab PPP lalu pilih pptp server ,beri centang pada enable lalu apply OK

 3.masuk Tab Ip -> Pool lalu + disini saya menambahkan ip addres dan saya telah beri nama VPN



4.Kemudian masuk Tab PPP lalu pilih Profiles
 Pada Remote addres isika
5.Lalu masuk Secret yang ada di tab PPP juga

beri nama yang akan digunakan untuk vpn nanti dan passnya
kemudian pada service pilih pptp ,dan profile pilih profile yang tadi kita buat yaitu VPN

6.Masuk pada network connection pada laptop lalu add dan pilih pptp lalu create
7.isikan username dan pass, dan gatewaynya internet yang ada dimikrotik ke konfigurasi connection yang ada di laptop
8.disini saya koneksi kan ke blc telkom dan mencoba mengggunkan vpn dan hasilnya konek
F.Kesimpulan
kita dapat terhubung ke server walaupun kita tidak menggunakan mikrotik karena vpn memanfaatkan jaringan public




Tidak ada komentar:

Posting Komentar