Sabtu, 04 Februari 2017

Pengertian Mac Addres Dan Ip Addres


  1. Pengertian Mac Addres
        MAC Address (Media Access Control Address) adalah., sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

  • Pengalamatan
         Dalam sebuah komputer, MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (network interface card/NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan. MAC Address umumnya tidak dapat diubah karena telah dimasukkan ke dalam ROM. Beberapa kartu jaringan menyediakan utilitas yang mengizinkan pengguna untuk mengubah MAC address, meski hal ini kurang disarankan. Jika dalam sebuah jaringan terdapat dua kartu jaringan yang memiliki MAC address yang sama, maka akan terjadi konflik alamat dan komputer pun tidak dapat saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Beberapa kartu jaringan, seperti halnya kartu Token Ring mengharuskan pengguna untuk mengatur MAC address (tidak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum dapat digunakan.

  • Menampilkan MAC Address
Beberapa utilitas jaringan dapat menampilkan MAC Address, yakni sebagai berikut:
  1. IPCONFIG (dalam Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003).
  2. WINIPCFG (dalam Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition).
  3. /sbin/ifconfig (dalam keluarga sistem operasi UNIX )


  • Referensi 
https://id.wikipedia.org/wiki/MAC_address

2.Pengertian Ip Addres

         (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:
  • IP versi 4 (IPv4)
  • IP versi 6 (IPv6)

  • Perbandingan alamat IP versi 4 dan alamat IP versi 6

     




    Kelas Ip Address


     Referensi

    https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP





Tidak ada komentar:

Posting Komentar